Strategi Impor Barang dari Luar Negeri

Bisnis impor barang saat ini mulai banyak dilirik oleh pengusaha. Keuntungan yang cukup menjanjikan menjadikan bisnis ini banyak diminati. Bagi Anda pengusaha pemula di bidang impor barang dari luar negeri, Anda harus mengetahui langkah-langkah mengimpor barang dari luar negeri, berikut penjelasannya.

Mengetahui harga barang

Sebelum mengimpor barang dari luar negeri, Anda harus mencari pemasok barang di luar negeri. Pemasok atau supplier ini yang akan bertanggung jawab terhadap barang yang akan Anda datangkan.

Anda harus memahami dasar penentuan harga barang dari supplier tersebut. Selain itu, dalam menentukan harga barang Anda juga perlu mempertimbangkan sejumlah hal. Hal yang berkaitan dengan dokumen maupun biaya tambahan lain.

Menentukan cara pengiriman barang

Setelah mengetahui harga barang, langkah selanjutnya adalah menentukan cara pengiriman barang. Anda bisa memilih cara pengiriman barang yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat empat cara pengiriman barang. Barang dari luar negeri bisa dikirim dengan cara lewat udara, darat, laut, maupun antarmoda. Barang impor dalam jumlah besar biasanya menggunakan cara antarmoda yakni penggabungan dari beberapa cara pengiriman.

Memilih biaya pengiriman barang yang tepat

Langkah selanjutnya yaitu memilih biaya pengiriman barang yang tepat dan terjangkau. Untuk mengetahui besaran biaya pengiriman barang, Anda bisa cek ongkir luar negeri. Pengecekan bisa Anda lakukan melalui website layanan jasa pengiriman internasional.

Besar ongkir dari berbagai negara ke Indonesia berbeda-beda. Misalnya, ongkir Arab Saudi ke Indonesia akan lebih mahal daripada ongkir Brunei Darussalam ke Indonesia. Hal ini berkaitan erat dengan jarak negara asal ke Indonesia.

Memilih Jasa Pengiriman

Lanjut pada langkah selanjutnya yakni memilih jasa pengiriman barang. Anda harus memastikan bahwa jasa pengiriman barang yang Anda pilih menyediakan layanan pengiriman dari luar negeri ke Indonesia.

Anda juga harus memilih jasa pengiriman dengan reputasi baik agar barang Anda tidak beresiko hilang atau rusak.

Jaminan Perlindungan dengan Asuransi

Mendatangkan barang dari luar negeri memiliki sejumlah resiko. Untuk melindungi barang Anda dari segala kerusakan maupun kehilangan, Anda bisa mendaftarkannya ke asuransi. Dengan asuransi, Anda akan merasa lebih aman mendatangkan barang dari luar negeri.

Menentukan cara pembayaran

Setelah mencapai kesepakatan dengan pemasok, Anda harus menentukan cara pembayaran yang tepat. Anda bisa menentukan cara pembayaran dengan berkoordinasi dan berdiskusi dengan pemasok. Tentukan cara pembayaran yang menurut Anda tidak beresiko tinggi.