Strategi Hemat Biaya Renovasi Rumah Type 36  

Memiliki rumah tipe 36 dan ingin melakukan renovasi tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Adapun rumah type 36 memang terlihat kecil, namun tetap bisa diupayakan menjadi lebih lega lewat berbagai trik. Rumah tipe 36 biasanya merupakan rumah subsidi program pemerintah untuk rakyat yang memiliki penghasilan rendah, agar bisa punya rumah dengan harga terjangkau. Namun ada kalanya meskipun rumahnya kecil tetap saja terbentur dengan biaya renovasi rumah type 36. Lalu apa strategi yang bisa dilakukan?

Menekan Biaya Renovasi Rumah Type 36

Bagaimana cara menekan biaya renovasi rumah type 36 agar tidak terlalu besar?

1. Tekan Biaya Jasa Konstruksi

Cara menekan biaya konstruksi adalah dengan mengerjakan renovasi rumah oleh pihak keluarga sendiri. Cara ini bisa mengurangi rencana anggaran RAB yang membengkak karena harus menyewa jasa tukang.

Anda bisa memilih alternatif dengan mengerjakan renovasi rumah sendirian atau bersama kerabat keluarga. Jadi biaya tukang bisa dialihkan ke pengeluaran jasa pembelian bahan bangunan. Namun memang cara ini hanya bisa dilakukan, untuk Anda yang memang piawai dalam bidang konstruksi.

2. Dapatkan Bahan Material Murah

Kemudian Anda wajib melakukan yang namanya pembelian bahan material dengan harga terjangkau. Caranya pertama kali Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Dengan melakukan riset, maka bisa dapatkan perbandingan harga bahan material di toko bangunan yang satu dan lainnya.

Saat ini riset tidak perlu dilakukan dengan mengunjungi toko bangunan, karena Anda bisa memanfaatkan platform marketplace bahan bangunan. Setelah melakukan perbandingan namun belum mendapatkan material dengan harga yang murah, alternatif lainnya adalah dengan memilih material bangunan dari bahan produk lokal.

Meskipun produk lokal tidak perlu khawatir karena kualitasnya sekarang sudah cukup bagus dibanding produk impor. Dan untuk kategori produk lokal sudah pasti harganya lebih terjangkau.

3. Lakukan Renovasi Sebagian

Meskipun rumah type 36 merupakan rumah yang tidak terlalu luas, namun tetap saja untuk biaya renovasi tidak mungkin sedikit. Jadi solusinya adalah dengan memilih untuk melakukan renovasi sebagian pada bagian-bagian yang penting saja di dalam rumah.

Anda bisa perhatikan bagian mana yang memang harus segera direnovasi dan mana yang masih bisa dikondisikan. Misalnya apakah hanya ingin renovasi bagian dapur dan kamar mandi, sementara ruangan tamu tidak perlu dilakukan renovasi. Anda sendiri sebagai pemilik rumah pasti sudah tahu bagaimana cara memilih kegiatan renovasi supaya maksimal dengan biaya yang minimalis.

4. Pilih Musim Yang Tepat

Saat akan melakukan renovasi rumah maka wajib memilih musim yang tepat. Sebaiknya hindari musim hujan karena memiliki risiko yang cukup tinggi di mana air hujan cukup deras, adanya potensi angin dan petir serta area kerja yang licin.

Apalagi untuk renovasi di musim hujan, juga dapat memperlambat waktu bekerja. Terlebih jika hujan sering datang di siang hari maka sudah pasti pada saat siang, Anda tidak bisa melanjutkan pekerjaan renovasi.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan biaya renovasi rumah type 36. Bagi Anda yang ingin melakukan renovasi dan tidak mengerti tentang konstruksi bangunan, sebaiknya pilih jasa kontraktor.

Menggunakan jasa kontraktor meskipun Anda harus mengeluarkan biaya jasa lagi tetapi Anda akan merasa nyaman karena renovasi bisa dilakukan dengan maksimal. Kontraktor juga lebih tahu cara memaksimalkan budget yang ada sehingga biaya tidak akan membengkak. Temukan kontraktor terbaik hanya lewat aplikasi Sejasa. Sejasa memberikan Anda beberapa referensi kontraktor profesional dengan jam terbang tinggi dan sudah berpengalaman menangani pembangunan rumah maupun renovasi.