Agustus 2, 2021

Magazine Terkini

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Kolesterol Tinggi

Sejatinya, hingga kini tidak ditemukan kondisi yang secara khusus mencerminkan gelaja seseorang tinggi kolesterol. Seseorang yang terlihat sehat, dalam beberapa kasus ternyata kolesterolnya tinggi. Tetapi, tatkala seseorang mengalami gejala seperti nyeri dada, atau impotensi pada pria, maka ia perlu waspada, bisa saja itu indikasi kolesterol tinggi.

Kolesterol yang tinggi tergolong gangguan kesehatan yang disebabkan karena adanya lemak darah dalam jumlah berlebih. Bagi anda yang ingin mengetahui berapa kadar kolesterol, sebaiknya tidak cukup dengan menduga-duga saja, melainkan lakukan tes kolesterol secara valid di klinik atau rumah sakit.

Penyebab kolesterol tinggi yang sering diabaikan

Tingginya kadar lemak dalam diri yang disebut kolesterol kerap kali disebabkan karena pola hidup keseharian dan juga kondisi medik tertentu. Nah, mari kita instropeksi, dari list di bawah ini, manakah kebiasaan yang sering kita abaikan.

Pola makan tidak sehat

Faktor paling besar yang menyebabkan lemak dalam darah sangat tinggi, tidak lain ialah kebiasaan makan yang tak sehat. Sebut saja kebiasaan makan makanan yang mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi, seperti jeroan sapi, mentega, krim, dan lain-lain. Hal ini bisa diperparah dengan pola, yakni setelah makan lanjut tidur, sehingga metabolisme tubuh menjadi terkendala.

Jarang beraktivitas Fisik

Selain makan, kadar lemak dalam darah akan meningkat sehingga menyebabkan penyakit kolesterol, yakni tidak diimbanginya dengan olahraga. Terlalu banyak duduk, tidur, atau bermalas-malasan, padahal asupan makan tinggi, akan sangat berpotensi membuat kadar kolesterol meningkat drastis.

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

Tidak hanya membawai zat kafein, dalam rokok pula mengandung zat akrlein yang sangat efektif dalam meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Baik perokok yang aktif, maupun mereka yang tergolong pasif, keduanya memiliki resiko yang sama. Bahkan, dampaknya bisa langsung menyerang ke area jantung, yang tentu paling bahasa dampaknya ialah jantung koroner. Hal yang sama mengintai mereka yang mengkonsumsi alkohol atau minuman keras.

Efek samping kolesterol tinggi

Secara umum, ciri seorang tinggi kolesterol tak bisa ditentukan hanya sekedar melihat saja, melainkan perlu dilakukan tes secara akurat. Mereka yang tetap mempertahankan kadar lemak jahat yang tinggi, akan berpotensi menimbulkan dampak yang tak bisa disepelekan, misalnya:

Serangan jantung

Resiko serangan jantung, bisa saja menyerang siapapun yang memiliki kadar lemak tinggi dalam tubuhnya. Lemak-lemak itu berpotensi mengendap, menggumpal, hingga akhir mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Dampaknya, pembuluh darah bisa pecah, akhirnya serangan jantung tak bisa dihindari.

Stroke

Hampir sama seperti resiko serangan jantung, keduanya disebabkan karena pecahnya pembulu darah disebabkan karena lemak yang mengendap. Bedanya, kalau serangan jantung pembulu darah yang pecah di area jantung, sedangkan stroke di area kepala.

Apa yang bisa dilakukan tuk cegah kolesterol tinggi?

Kendati gejala kolesterol tidak timbul, kita tetap perlu waspada dan berhati-hati dengan menerapkan beberapa pola dalam keseharian. Berikut ini, tips yang bisa anda lakukan sebagai upaya pencegahan:

  • Kurangi lemak hewan, ganti dengan lemak baik dari buah-buahan seperti alpukat, serta penuhi kebutuhan serat harian
  • Bagi yang memiliki beran badan berlebih, cobalah untuk melakukan diet sehat menurunkan berat badan
  • Kurangi pula makanan dengan kadar garam yang rendah, serta perbanyak makan sayur
  • Olahraga secara teratur, minimal 30 menit per hari dengan takaran normal
  • Kurangi stres, juga hindari kebiasan merokok dan minum alkohol

Sebagai upaya pencegahan lain, anda bisa membaca artikel-artikel kesehatan tuk menambah wawasan dan praktiknya. Salah satu platform kesehatan yang bisa anda rujuk ialah Halodoc.com yang memiliki para pakar dan dokter ahli sebagai informannya.