Menggunakan Dua Jenis Serum yang berbeda Sekaligus. Amankah? Berikut penjelasannya!

Dari sebagian wanita ada yang tidak sabar dalam mendapatkan kulit cerah seperti yang diidamkan. Tanpa berfikir panajang, akhirnya mereka beralih menggunkan cream atau serum pencerah wajah yang dapat memberikan hasil secara instan.

Padahal efek dari penggunaan cream yang mampu mencerahkan secara instan, tidaklah baik bagi kulit, karena kandungan yang ada didalamnya tidak memenuhi stadart. Kebanyakan dari mereka menyebutnya dengan cream pemutih wajah.

Padahal perlu diketahui, sebenarnya istilah serum pemutih wajah itu tidak ada. Yang ada hanayalah cream atau serum pencerah wajah. Cream atau serum yang aman dan baik digunakan, tentu memerlukan tahapan yang cukup lama, tidak intans begitu saja.

Salah satu serum pencerah wajah yang dapat digunakan adalah Triple Glow Serum dari Pond’s. Serum ini sudah memberikan bukti mampu mencerahkan kulit wajah saya selama pemakaian rutin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian dapat menggunakan Pond’s Ttriple Glow Serum Mask. Produk berupa shet mask yang dapat anda gunakan 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Bagi sebagaian orang, ada yang memilih menggunakan rangkaian skincare seperti wacial wash, toner, serum dan cream. Namun ada sebagian lagi yang menambahkan serum yang berbeda dalam satu pemakaian demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Lantas apakah hal tersebut baik bagi kulit kita?? Atau bahkan malah memberi dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah kita? Yuk simak ulasannya berikut.

Menggunakan Dua Jenis Serum yang berbeda Sekaligus. Amankah?

Sebenarnya pemakaian dua serum sekaligus dalam satu pengaplikasian tidaklah berbahaya. Namun tidak menutup kemungkinan juga akan memberikan efek buruk bagi kulit yang sensitif.

Pasalnya beberapa jenis serum memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi sebagai pencerah wajah, menghilangkan bekas jerawat dan juga menyamarkan kerutan halus pada wajah.

Dengan fungsi yang berbeda, tentu kandungan yang dimiliki juga berbeda pula. Maka dari itu, cermatilah terlebih dahulu ketika memutuskan untuk memakai dua serum yang berbeda dalam satu waktu.

Pastikan kulitmu tidak sensitif dan pastikan pula serum yang kamu pakai tidak mengandung bahan aktif yang memang tidak boleh digabungkan dengan bahan aktif lainnya. Berikut bahan-bahan aktif yang tidak boleh digabungkan tersebut.

Bahan-bahan Aktif yang Tidak Boleh Digabungkan dengan Bahan Aktif Lainnya

1.      Vitamin C dengan Retinol

Vitamin C merupakan bahan aktif yang sering digunakan dalam komposisi sebuah serum. Vitamin C ini memiliki kegunaan sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu produksi kolagen yang mempu mengurangi garis-garis halus pada wajah.

Sementara retinol adalah bagian dari vitamin A, dimana vitamin yang juga dapat menyamarkan bintik hitam dan juga menyamarkan garing-garis halus pada wajah. Namun pemakaian serum dengan bahan aktif retinol tidak baik bagi kulit sensitif karena dapat memberikan efek buruk ketika terpapar sinar matahari.

Kandungan yang terdapat dalam vitamin C dan retinol memiliki perbedaan dalam kinerjanya. Vitamin C baik digunakan dalan pH kulit mulai dari 3,5 sedangkan untuk retinol mampu bekerja dalam pH kulit maksimal 5,5 sampai 6.

Dengan melihat tingkat pH yang berbeda, maka alangkah baiknya jika serum yang memiliki kedua kandungan tersebut, tidak dipakai dalam satu waktu sekaligus. Kamu bisa tetap mengaplikasikannya pada kult wajah namun diwaktu yang berbeda.

Sebagai contoh, kamu bisa mengaplikasikan serum dengan kandungan vitamin C pada pagi hari dan malam hari untuk pemakaian serum dengan kandungan retinol. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil lebih dibandingkan jika pemakaian dilakukan dalam satu waktu seklaigus.

2.      Retinol dengan AHA dan BHA

Alpha Hydroxy Acid (AHA dan Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah bahan aktif yang banyak digunakan dalam rangkaian serum utuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Kedua bahan ini jika digabungkan akan menjadikan kulit semakin kering.

Jika kulit kamu terasa kering, maka akan menjadikkan tingkat kesensitifan pada kulit kamu akan semakin tinggi. Jika terkena paparan sinar matahari, kulit akan menjadi kemerah-merahan.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika pengaplikasian serum dengan kandungan AHA-BHA dan serum dengan kandungan retinol tidak digunakan dalam satu waktu yang bersamaan.

Dengan banyaknya kandungan yang berbeda-beda dalam tiap serum, maka perhatikan dengan baik sebelum kamu menggunakannya. Pastikan kandungan bahan aktif dari serum yang tidak boleh digunakan dalam satu waktu, tidak sampai kamu aplikasikan.