Kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan bagi masyarakat

BPJS Kesehatan dibangun sejak 1 Januari 2014. Kehadirannya disambut baik oleh masyrakat terutama masyarakat menengah kebawah. Dengan adanyan BPJS kesehatan ini masyarakat lebih terbantu dalam menangani pembiayaan kesehantan mereka.

Sambutan baik oleh masyarakat ini bisa ditandai oleh banyaknya pendaftar yang antri dan membeludak sejak pertama kali peluncuran. Hal tersebut tentu memberikan pilihan kepada masyarakat untuk membangun cabang baru di berbagai daerah yang saat ini sudah terealisasi.

Dengan banyaknya peminat, BPJS kesehatan tentu tidak hanya memiliki kelebihan saja, namun juga memiliki kekurangan. namun kekurangan ini tidak begitu berdampak negatif bagi pesertanya.

Dibawah ini akan dibahas beberapa kelebihan dan kekurngan yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan bagi masyarakat.

Kelebihan BPJS Kesehatan

1. Premi murah

Premi yang ditawarkan oleh BPJS kesehatan sangatlah murah. hal tersebut karena sebagaian dari pembayaran dibantu oleh pemerintah. Tentu hal tersebut berbanding terbalik dengan Asuransi Kesehatan yang didirikan oleh perusahaan swasta.

Asuransi kesehatan memberikan pilihan pembayaran yang lebih mahal dikarenakan tanpa adanya bantuan dari pemerintah dan mereka mengambil keuntungan dari pembayaran pesertanya untuk perusahaannya.

2. Tanpa medial Check Up

Ketika anda ingin mendaftar BPJS Kesehatan, anda tidak perlu ribet-ribet untuk melakukan medical check up terlebih dahulu, karena pendaftaran tidak memerlukan riwayat penyakit yang anda derita. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi anda karena lebih efisien waktu dan tenaga.

3. Berlaku seumur hidup

BPJS Kesehatan memberikan jaminan seumur hidup bagi pesertanya. Hal ini juga menjadi keuntungan bagi kita yang akan mendataran diri sebagai peserta BPJS Kesehatan.

4. Pendaftar tanpa pengecualian

Pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dibilang tanpa pengecualian karena setiap orang dengan riwayat penyakit apapun dapat mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, bahkan seorang bayi yang belum lahirpun dapat kita daftarkan.

5. Perubahan data online

BPJS Kesehatan memberikan berbagai kemudahan kepada kita salah satunya adalah akses dan perubahan data yang dapat dilakukan secara online. Hal ini tentu memudahkan kita, dengan hanya mengakses di laman resmi BPJS Kesehatan, kita sudah dapat merubah data kita dengan capat.

Selain pelayanan secara online, BPJS Kesehatan juga memberikan pelayanan call center yang dapat anda hubungi sewaktu-waktu ketika sedang diperlukan yaitu ke 1500 400.

Kekurangan BPJS Kesehatan

1. Hanya berlaku di Indonesia

Dengan berbagai kelebihan yang disuguhkan oleh BPJS Kesehatan di atas, BPJS Kesehatn juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah hanya berlaku di Indonesia saja. Jika kita mau berobat ke luar negeri, maka BPJS Kesehatan kita tidak berlaku dan tidak bisa digunakan.

2. Metode berjenjang

Kekurangan kedua yang sangat disayangkan oleh peserta BPJS adalah penggunaannya yang berjenjang. Penggunaan berjenjang bersifat wajib. Jika kita mau menggunakan BPJS Kesehatan, maka kita diwajibkan untuk tes kesehaan dulu ke faskes 1, setelah itu baru kita mendapat rujukan ke rumah sakit yang disaranakn faskes 1. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka BPJS Kesehatan tidak berlaku.

3. Antri

Melihat banyaknya peminat yang ingin mendaftar sebagi peserta BPJS, maka pengobatan menggunakan BPJS akan mengantri lama. Namun hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk mendaftar dan memanfaatkan layanan masyarakat tersebut.

Dengan melihat berbagai kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan di atas, apakah anda masih ragu untu mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan? semua pilihan tentunya ada ditangan anda.