13 Langkah Awal Memulai Usaha, Ternyata Butuh Ini!

Langkah awal memulai usaha harus sangat diperhatikan agar usaha yang dijalankan bisa maju dan berkembang sesuai harapan. Pasalnya, untuk memulai sebuah usaha Anda harus memiliki perencanaan yang matang dan mempersiapkan strategi bisnis yang paling tepat.

Pentingnya Perencanaan Bisnis Sejak Awal

Tanpa perencanaan yang matang, hal itu akan membuat bisnis yang Anda rintis rentan mengalami hambatan atau kendala. Meskipun resiko tersebut selalu ada dalam setiap bisnis, namun setidaknya dengan perencanaan yang matang, bisnis Anda akan tetap bertahan dan eksis di tengah persaingan.

Perencanaan bisnis yang Anda  buat di awal akan membuat pondasi bisnis Anda semakin kuat sehingga tidak mudah goyah dan terpengaruh oleh resiko kegagalan atau kerugian di kemudian hari. Selain itu, Anda juga perlu membekali diri dengan tekad yang kuat dan tidak mudah berputus asa.

Strategi dan Langkah Awal Memulai Usaha Baru

Banyak pelaku usaha yang berhasil mengembangkan bisnisnya sehingga meraih kesuksesan besar sehingga bisa menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya, terutama para pemula. Namun, di balik kesuksesan tersebut tentunya dibutuhkan strategi bisnis yang paling efektif agar bisnis berkembang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa strategi dan langkah awal yang perlu dilakukan untuk memulai usaha baru agar sukses dan berkembang.

1.    Menentukan Jenis Usaha

Sebelum memulai usaha tentu Anda harus menentukan terlebih dulu jenis usaha apa yang akan dikembangkan. Dalam hal ini Anda bisa memperhatikan tren bisnis yang ada serta mempertimbangkan prospek bisnis dalam jangka panjang, perhatikan pula minat bisnis Anda.

2.    Melakukan Riset Bisnis

Jika jenis usaha sudah Anda tentukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset bisnis terkait produk dan layanan yang akan dijual. Siapa yang menjadi target bisnis Anda, bagaimana tingkat persaingannya, serta strategi agar usaha yang dirintis sesuai dengan permintaan pasar.

3.    Membuat Perencanaan Usaha

Salah satu langkah awal memulai usaha atau bisnis adalah membuat perencanaan usaha. Melalui perencanaan usaha yang benar-benar matang Anda akan lebih mudah dalam memulai bisnis sesuai dengan ide usaha yang ingin dijalankan.

4.    Merencanakan Keuangan Bisnis

Meskipun dalam memulai usaha dalam skala kecil tidak membutuhkan modal yang besar, namun Anda tetap harus merencanakan keuangan bisnis secara efektif. Pasalnya untuk memulai usaha tetap diperlukan investasi awal untuk berbagai pengeluaran.

Dalam hal ini Anda perlu merencanakan keuangan secara detail. Mulai dari estimasi kebutuhan dan pengeluaran untuk 1 tahun ke depan, stok produk, biaya operasional dan pemasaran, serta pengeluaran lainnya yang berhubungan.

5.    Memilih Struktur Bisnis

Langkah awal memulai usaha selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih struktur bisnis yang akan dikembangkan. Apakah bisnis Anda merupakan kepemilikan pribadi, berupa kemitraan, korporasi atau perseroan terbatas.

Struktur bisnis ini sangat penting karena nantinya akan berpengaruh pada operasional bisnis serta berbagai macam kewajiban seperti pajak, nama usaha dan lain sebagainya.

6.    Menyiapkan Modal Usaha

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal usaha sesuai kebutuhan bisnis yang akan dikembangkan. Modal yang dibutuhkan bukan hanya berupa finansial saja tetapi juga pengetahuan bisnis yang memadai, jadi sebaiknya Anda mempersiapkannya dengan baik.

7.    Memberikan Nama Usaha

Brand atau nama usaha memiliki arti yang sangat penting dalam sebuah usaha sehingga Anda harus memperhatikan hal tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan nama usaha yang mudah diingat agar konsumen tidak kesulitan mengakses bisnis Anda.

8.    Membuat Toko Online Profesional

Usaha yang Anda rintis tidak akan berkembang secara maksimal jika hanya mengandalkan penjualan secara offline. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah membuat toko online melalui TokoTalk yang mudah dan praktis.

Melalui jasa pembuatan toko online ini, bisnis yang Anda kembangkan akan terlihat lebih profesional sehingga efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Terlebih layanan ini juga menyediakan paket gratis sehingga sangat cocok untuk Anda yang tengah merintis usaha.

9.    Mengoptimalkan Strategi Marketing dan Promosi

Langkah awal dalam memulai usaha berikutnya adalah melakukan strategi marketing dan promosi yang paling tepat untuk menarik minat konsumen. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan platform sosial media untuk keperluan marketing dan promosi.

Jika Anda sudah memiliki toko online pribadi secara profesional, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menerapkan strategi marketing dan promosi tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari informasi seputar strategi marketing dan promosi di website TokoTalk.

10. Melakukan Inovasi

Strategi marketing dan promosi saja tidak akan cukup untuk mengembangkan bisnis Anda. Agar lebih maju, Anda juga perlu melakukan inovasi produk maupun layanan sehingga konsumen semakin tertarik untuk mengunjungi toko online Anda dan berbelanja produk sesuai kebutuhan.

11. Menjaga Kualitas Produk

Dalam melakukan langkah awal memulai usaha, Anda harus mampu menjaga kualitas produk yang dijual. Terlebih jika produk yang Anda jual cukup laris di pasaran. Jangan sampai konsumen kecewa hanya karena Anda menurunkan standar kualitas produk tersebut.

12. Menjaga Kepercayaan Konsumen

Dalam memulai bisnis, kepercayaan konsumen merupakan sesuatu yang sangat berharga sehingga Anda harus mampu mempertahankannya. Selain menjaga kualitas produk, Anda juga harus memberikan layanan yang responsif dan ramah agar konsumen tetap loyal.

13. Mengapresiasi Konsumen

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, sebagai penyedia layanan penjualan online tidak ada salahnya untuk mengapresiasi konsumen yang sudah loyal terhadap toko online Anda. Salah satunya bisa dengan memberikan diskon ataupun free ongkir sesuai ketentuan.

Langkah awal memulai usaha di atas bisa Anda terapkan ketika ingin mengembangkan sebuah bisnis. Agar usaha yang dirintis cepat berkembang dan menguntungkan, Anda bisa membuat toko online secara profesional. Anda bisa buat toko online gratis dan praktis melalui TokoTalk. Harap